Wakil Bupati Bolsel Buka Kegiatan Sosialisasi Transaksi Digital dan PBB Tahun 2023

BOLSEL – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, menandatangani Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama Penyediaan Layanan QRIS serta membuka Sosialisasi Transaksi Digital sekaligus menyerahkan SPPDT dan DHKP PBB Tahun 2023. Kamis (23/02/2023).

Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, dalam sambutannya mengatakan bahwa upaya peningkatan PAD menjadi salah satu fokus Pemerintah Daerah saat ini. sebab melalui hal tersebut maka tingkat kemandirian fiskal Daerah juga akan semakin tinggi.

“Untuk menggali sumber serta potensi PAD tidak semata menjadi tugas dari BPKPD, tetapi ini juga menjadi tugas dari seluruh perangkat Daerah dan menjadi tanggung jawab dari pemerintahan tingkat Desa. dimana Pemerintah Desa adalah ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang merupakan wajib pajak,”kata wabup

“Selain itu harus ada sinergitas antara pemerintah ditingkatan Kabupaten, Kecamatan hingga Desa dalam melakukan instensifikasi sumber potensi pajak Daerah khususnya PBB-P2,” tambahnya

Dilanjutkannya, saat ini perbaikan sistem pajak Daerah di Bolsel sudah dikelola secara transparan dan akuntabel sehingga meminimalisir terjadinya penyelewengan serta penyalahgunaan dana pajak.

“Tentu ini akan menciptakan ‘kepercayaan’ bagi masyarakat bahwa pajak yang dibayarkan benar-benar digunakan untuk pembangunan Daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Wabup, bahwa Pemda hari ini akan melakukan kerjasama dengan PT. Buana Media Teknologi dalam rangka pengembangan kanal pembayaran dengan menggunakan QRIS yaitu sebagai upaya menyelenggarakan elektronifikasi transaksi pemerintah Daerah.

“Nah, sebagai bentuk komitmen Bupati dan Wakil Bupati dalam mengimplementasikan QRIS, kami akan mendorong ASN menggunakan QRIS disetiap transaksi pembayaran dan mewajibkan setiap pelaku usaha di perkantoran Panango untuk menyediakan fasilitas pembayaran QRIS. ini untuk memulai ekosistem transaksi digital di Bolsel,” pungkasnya.

Wabup pun berharap, terkait penyerahan SPPDT dan DHKP PBB-P2 tahun 2023, agar tidak ada lagi Desa yang tidak capai 100% pajak karena akan ada bagian 10% yang menjadi hak Desa yang dikembalikan dalam bentuk DBH Desa.

Terakhir kata Wabup, Apabila masih ada diwilayah Desa yang belum terdaftar sebagai wajib pajak PBB, maka bantu Pemda dengan melaporkan dan mendaftarkannya.

“Manfaatkan sistem aplikasi yang sudah disediakan untuk mempermudah Desa dalam menyetorkan pajaknya. Saatnya Pemerintah Desa bersama-sama Pemerintah Kabupaten melakukan transformasi pelayanan publik ke arah digital,” tutupnya

Diketahui, bahwa Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki dan turut dihadiri oleh Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulut bersama jajarannya, Pimpinan dan jajaran BSG Cabang Molibagu, Direktur PT. Buana Media Teknologi, unsur Forkopimda Kabupaten, Sekda M. Arvan Ohy bersama jajaran Asisten dan pimpinan PD serta para Sangadi dan undangan lainnya.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.