BWSS I Siapkan Pembangunan Bronjong Penahan Air Sungai Motongkad

0

BOLTIM — Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si., bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS I) Ir. I Komang Sudana, M.T., Rabu (6/4), meninjau kondisi sungai Lonsiow pasca terjadinya bencana banjir yang melanda Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad, beberapa hari lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Boltim, Harris Pratama Sumanta, mengatakan kunjungan dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS I) untuk melihat langsung kondisi sungai Lonsiow pasca banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Tadi dari balai sungai melakukan survey lokasi bencana dan melihat langsung kondisi sungai yang jebol bersama pak Bupati,” kata Harris.

Menurutnya, dari hasil survey bahwa BWSS I akan membantu dalam pembuatan bronjong sementara untuk mengantisipasi luapan air bah susulan.

“Jadi keputusannya balai sungai akan menyumbangkan bronjong untuk mengatasi tanggul yang jebol. Nantinya yang bekerja dari instansi teknis dan masyarakat serta pemerintah desa setempat,” terangnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, Elvis Siagian menambahkan pembangunan bronjong di bantaran sungai Lonsiow Motongkad untuk pondasi awal sebagai langkah untuk menahan debit air, dan selanjutnya akan dibangun talud.

“Saat ini bantuan pembuatan bronjong, kemudian talud akan dibangun. Saat ini mereka tengah menyusun anggaran, pastinya tahun ini menurut kepala balai sungai melalui satker (Satuan Kerja),” tandas Siagian. (REN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.