Kunjungi BWS Sulawesi I Kementrian PUPR, Ini Yang Disampaikan Bupati Boltim

0

BOLTIM — Upaya mencegah terjadinya banjir akibat luapan sungai turut menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boloaang Mongondow Timur (Boltim).

Hal ini tercermin dari kunjungan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si, ke Kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I Kementerian PUPR di Manado, Senin 6 Juni 2022.

Dalam kunjungannya, Sachrul mempresentasikan usulan pembuatan dan perbaikan tanggul sejumlah sungai yang ada di Kabupaten Boltim.

Diantaranya tanggul Sungai Molobog, Sungai Motongkad, Sungai Kotabunan-Bulawan serta Sungai Buyat.

Sachrul berharap adanya perhatian dari Balai Sungai. Dimana, dampak banjir yang ditimbulkan sungai-sungai di Boltim sudah mengancam jiwa masyarakat.

“Kami mengharapkan kiranya ada langka dan upaya dari pihak Balai dan Kementerian untuk menangani hal ini dan usulan yang disampaikan bisa direalisasikan,” harapnya.

Kunjungan Bupati Boltim tersebut disambut baik Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I, Ir I Komang Sudana MT.

Menurut I Komang Sudana, terkait usulan-usulan yang disampaikan, untuk Sungai Motongkad sudah dalam proses perbaikan, selain itu usulan lalu Balai Sungai juga telah memberikan bantuan kawat bronjong.

“Sementara untuk sungai-sungai lain nantinya akan ditindak lanjuti dengan pengecekan langsung ke lapangan. Balai ada anggaran pemeliharaan, akan tapi bisa juga lewat dana bencana. Nanti setelah pengecekan akan melaporkan langsung ke Direktur,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan, Wakil Ketua DPRD Muhammad Jabir, Kadis PUPR Boltim Haris Sumantha ST, Kabag Umum Setdakab Boltim Abdal Mamonto beserta jajaran terkait.

Sebagai informasi, usulan pembuatan dan perbaikan tanggul sungai yang disampaikan Pemkab Boltim merupakan kewenangan dari BWS Sulawesi I Dirjen SDA, Kementerian PUPR Republik Indonesia. (REN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.