dprd bolmut

Bupati Bolsel Launching Kampung Moderasi Beragama

BOLSEL Rabu, 31 Mei 2023, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, Launching Desa Tolotoyon, Kecamatan Pinolosian, sebagai Rintisan KMB (Kampung Moderasi Beragama) Tahun 2023.

Acara yang dilaksanakan di Balai Desa Tolotoyon itu, diawali dengan laporan Kepala Kantor Kemenag Bolsel Drs. Nasri Sakamole, ia menyebut, program ini bertujuan untuk bisa menyatukan perbedaan agama atau kepercayaan agar saling menghargai dan menjunjung toleransi.

“Tolotoyon terpilih karena Desa ini salah satu Desa berpenduduk terbanyak di Bolsel yaitu 1525 jiwa dengan jumlah Gereja terbanyak yaitu 2 gedung dan Masjid 1 gedung,” katanya.

Sementara, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulut H. Sarbin Sehe, mengatakan bahwa nilai-nilai moderasi beragama ini sangat penting, dan semoga bisa menjadi dasar untuk bisa dilakukan juga di Desa-Desa lain yang ada di Bolsel.

“Saling menghargai antar umat beragama itu keharusan dari Tuhan, jadi marilah kita tetap saling menjaga satu sama lain dalam toleransi,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, menegaskan bahwa Bolsel adalah wilayah yang menjunjung tinggi toleransi yang terlihat dari beragamnya agama dan suku yang ada di Bolsel.

Ia menyebut, moderasi beragama bukan untuk memperdebatkan persoalan kepercayaan beragama, karena itu mari menghargai sikap toleransi beragama di Bolsel karena Daerah ini terdiri dari berbagai suku dan agama yang hidup rukun berdampingan dan saling menghargai.

“Tidak ada persoalan perbedaan suku, agama, ras, budaya dan adat di Bolsel. Karena sudah menjadi tugas kita bersama untuk saling membantu satu sama lain sesama manusia sebagai rakyat Indonesia, dan Bolsel siap untuk jadi pilot moderasi beragama,” tandasnya

Bupati juga mengajak untuk selalu meningkatkan dan menjaga rasa saling menghargai satu sama lain agar bisa terus menjaga moderasi antar umat beragama.

Diketahui, Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bolsel bersama Forkopimda, OKP/OKPI, tokoh agama, dan tokoh masyarakat melakukan penandatanganan Deklarasi Rintisan KMB 2023 dengan Tema “Wujudkan Masyarakat Bolsel yang Religius dan Toleran”.

Selain itu, Kakanwil Kemenag Sulut juga menyerahkan piagam penghargaan dan tanda mata kepada Bupati Bolsel atas partisipasi dan kontribusi dalam pengembangan dan kebijakan positif bagi Pendidikan Agama Islam di sekolah.

Acara itu juga turut dihadiri oleh pimpinan PD dan ASN, jajaran Kemenag Sulut dan Bolsel, para imam, gembala, pendeta dan warga masyarakat.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.