Digelar Dinkes Bolmong, Sosialisasi Pokjanal Berlangsung Sukses

Telusur.news, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar Koordinasi/Sosialisasi Program Kerja Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal).

Agenda Dinkes Bolmong yang berlangsung di Ballroom Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Jumat (8/3/2024) itu, dibuka langsung Sekretaris daerah (Sekda) Bolmong Abdullah Mokoginta dan turit dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para camat serta tokoh masyarakat, lingkup Pemkab Bolmong.

Menurut Kepala Dinkes Bolmong, Ketut Kolak melalui Sekertaris Yusuf Detu, kegiatan ini mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan dan pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

Dijelaskan, Pokjanal juga mempunyai tugas dalam menyusun rencana kegiatan tahunan dan mengupayakan adanya sumber-sumber pendataan guna mendukung kegiatan pembinaan posyandu, melakukan bimbingan, pembinaan, fasilitasi, advokasi, pemantauan dan evaluasi pengelolaan program posyandu secara rutin dan terjadwal.

Kemudian memfasilitasi penggerakan dan pengembangan partisipasi, gotong royong, dan swadaya masyarakat dalam mengembangkan posyandu, termasuk kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan, serta melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada pimpinan dalam hal ini Bupati dan Ketua Pokjanal Posyandu di daerah.

Ditambahkannya, selain pentingnya kapasitas kader Posyandu, juga perlu adanya pembagian beban kerja, mengingat banyaknya kegiatan di Posyandu meski berbagai program itu belum berjalan dengan baik. “Banyak juga yang belum berjalan dengan baik, sehingga butuh kontribusi dari beberapapihak yang lebih punya kompetensi,” kata Yusuf, sembari menambahkan kader Posyandu merupakan ujung tombak dari kesehatan dan kecerdasan masyarakat di Kabupaten Bolmong.

Sementara itu, Sekda Bolmong Abdullah Mokoginta menjelaskan, hal terpenting dari Pokjanal Posyandu adalah berkoordinasi dengan intens dan berkelanjutan seluruh stakeholder terkait.

“Jadi ada target program yang disepakati bersama supaya bisa dirasakan oleh para kader dan program Posyandu yang ada di RW masing-masing. Mudah-mudahan Posyandu berjalan lagi, dan strata Posyandu banyak yang meningkat, komitmen dari semua OPD juga lebih baik lagi untuk peningkatan strata Posyandu,” tutup Abdullah.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.