dprd bolmut

Jaga Stabilisasi Pasokan Harga Pangan, Pemda Bolsel Gelar GPM Bersubsidi

Telusur.news, BOLSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) Bersubsidi. pada Kamis, (03/10/2024).

GMP bersubsidi ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan harga pangan di seluruh wilayah Kabupaten Bolsel.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Tolondadu, Kecamatan Bolaang Uki tersebut, di buka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolsel M. Arvan Ohy.

Selain itu, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh perwakilan Bulog Cabang Bolmong Bapak Ayub, Kadis Koperasi UMKM Basri Sutrimo, Camat Bolaang Uki Nurhaeda Yasin, Kaban Kesbangpol Syukri Van Gobel, Kabag Ekonomi Setda dan Sangadi Desa setempat.

Sekda Arvan menjelaskan bahwa untuk titik awal pelaksanaan GPM Bersubsidi ini digelar di wilayah Tolondadu bersatu dan Tabilaa.

“Hari ini ada 4 titik kegiatan dengan jumlah paket yang sudah disiapkan oleh pihak Bulog yaitu sebanyak 800 paket,” kata Sekda saat membuka kegiatan GMP tersebut.

Lanjut kata Sekda, bahwa sesuai dengan keputusan pemerintah pusat, Pemerintah Daerah adalah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang bertugas mengawasi pergerakan dan inflasi harga-harga barang pokok.

“Jadi, kalau ada barang-barang kebutuhan masyarakat yang harganya naik seperti rica, tomat, beras, gula, dan minyak, maka disitulah tugas tim TPID untuk mengawasinya,” ujarnya.

Selain itu, Tim ini juga kata Sekda, tiap minggu dievaluasi langsung oleh Menteri Dalam Negeri apakah di Daerah tingkat inflasi naik atau turun. Sekda juga berharap, semoga Daerah ini tetap dalam posisi aman terkendali melalui program yang di bawa hari ini.

“Hari ini, masyarakat hanya membayar sejumlah Rp. 62.000 sudah dapat beras 5 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 1 liter. Kalau di jumlahkan harga yang sebenarnya jadi Rp. 105.000. nah, selisih itu nanti Pemda yang bayar ke Bulog,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam laporannya, Kadis Ketahanan Pangan Kasman Djauhari, memaparkan bahwa, GPM Bersubsidi ini adalah kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Bolsel dengan total jumlah 16.200 paket. sedangkan bahan-bahan yang dijual dalam kegiatan ini ada 3 macam yaitu Beras, Gula dan Minyak Goreng.

Adve

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.