Bupati Bolsel Ikuti Rakornas Dukcapil Tahun 2023

BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, mengikuti acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Rabu (08/02/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Novotel Manado tersebut, mengusung tema “Digitalisasi Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024” serta diikuti oleh para Bupati Walikota se-Indonesia, Kadis Capil dan jajaran se-Indonesia, perwakilan World Bank dan pimpinan PD terkait lainnya.

Pada acara itu, Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru, mengatakan bahwa Wagub Steven Kandouw menegaskan walaupun baru saja dilanda bencana, Provinsi Sulut khususnya Kota Manado, tetap bisa menggelar Rakornas. yang berarti Daerah ini masih aman.

“Terkait digitalisasi data, Wagub Steven mengakui hal ini sangat penting karena tanpa digitalisasi kita akan kesulitan. selain itu, Wagub juga tak lupa menyapa dan menyampaikan ucapan selamat datang di Sulawesi Utara, kepada seluruh peserta,” kata Bupati Iskandar.

“Mendagri Tito Karnavian yang diwakili Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Bupati/Walikota dan Kadis Dukcapil se-Indonesia yang hadir mengikuti kegiatan,” tambahnya

Dalam penjelasannya kata Bupati, Dirjen Dukcapil mengatakan bahwa pendataan bisa dilakukan dengan tertib dan tanpa tercecer bila dilakukan dengan cara jemput bola yaitu terjun langsung. Selain itu, dia juga meminta jajaran Dukcapil untuk mempermudah pelayanan terutama yang sudah ada anjungan Dukcapil mandiri.

“Gunakanlah NIK sebagai dasar untuk persyaratan dan jangan ada Pungli dalam setiap pelayanan. mari tingkatkan pelayanan online karena ke depannya KTP akan di-digitalisasi agar bisa mempermudah masyarakat,” kata Dirjen Dukcapil dalam acara tersebut.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.